Sunah Haji ihram menurut hadis nabi

Diposting oleh Unknown on Kamis, 03 Januari 2013

do'a seseudah ihram
Sebelum membahas sunah-sunah ihram menurut hadis nabi mari kita simak dulu apa si ihram itu ? Ihram adalah niat haji atau umrah. Yaitu ikatan hati untuk masuk dalam ibadah haji atau umrah. Dan bila seseorang telah masuk dalam ibadah haji atau umrah maka dia terlarang melakukan hal-hal yang dilarang bagi orang yang sedang ihram.

Jadi ihram bukan hanya sekedar pakaian. Sebab boleh jadi seorang memakai kain dan selendang ketika berada di daerahnya dan dengan tanpa niat namun dia tidak disebut orang yang sedang ihram. Terkadang seorang yang telah ihram dengan hatinya dan membiarkan pakaian biasanya, seperti qamis, surban dan lain-lain da dia membayar fidyah karena dia melanggar ketentuan dalam ihram.
  

 

adapun sunah sunah ihram sebagai berikut: 

 1. Mandi ketika ihram.
Berdasarkan hadits Zaid bin Tsabit bahwasannya ia melihat Nabi SAW mengganti pakaiannya untuk ihram lalu mandi. (HR Tirmidzi)

2. Memakai minyak wangi di badan sebelum ihram.
Berdasarkan hadits Aisyah, ia berkata, “Aku pernah memberi wewangian Rasulullah SAW untuk ihramnya sebelum berihram dan untuk tahallulnya sebelum melakukan thawaf di Ka’bah.” (Muttafaq ‘alaih, At-Tirmidzi, Abu Dawud, An-Nasa’i, Ibnu Majah).

3. Berihram dengan kain ihram (baik yang atas maupun yang bawah) yang berwarna putih.
Berdasarkan hadits Ibnu Abbas, ia berkata, “Rasulullah SAW berangkat dari Madinah setelah beliau menyisir rambut dan memakai minyak, lalu beliau dan para sahabat memakai rida’ dan izar (kain ihram yang atas dan yang bawah).

Adapun disunnahkannya yang berwarna putih berdasarkan hadits Ibnu Abbas, bahwasannya Rasulullah SAW bersabda, “Pakailah pakaianmu yang putih, sesungguhnya pakaian yang putih adalah pakaianmu yang terbaik dan kafankanlah orang-orang yang wafat di antara kalian dengannya.” (Muttafaq ‘alaih).

4.Sunah-sunah ihram Shalat di lembah Aqiq bagi orang yang melewatinya.
Berdasarkan hadits Umar, ia berkata, “Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda di lembah Aqiq, “Tadi malam, telah datang kepadaku utusan Rabb-ku dan berkata, ‘Shalatlah di lembah yang diberkahi ini dan katakan (niatkan) umrah dalam haji.”

5. Mengangkat suara ketika membaca talbiyah.
Berdasarkan hadits As-Saib bin Khalladi, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Telah datang kepadaku Jibril dan memerintahkan kepadaku agar aku memerintahkan para sahabatku supaya mereka mengeraskan suara mereka ketika membaca talbiyah.” (HR Bukhari, Abu Dawud, Ibnu Majah).

6.Bertahmid, bertasbih dan bertakbir sebelum mulai ihram.
Berdasarkan hadits Anas, ia berkata, “Rasulullah SAW shalat Dzuhur empat rakaat di Madinah sedangkan kami bersama beliau, dan beliau shalat Ashar di Dzul Hulaifah dua rakaat. Beliau menginap di sana sampai pagi, lalu menaiki kendaraan hingga sampai di Baidha. Kemudian beliau memuji Allah bertasbih dan bertakbir, lalu beliau berihram untuk haji dan umrah.” (HR Bukhari, Abu Dawud).

7. Berihram menghadap kiblat.
Berdasarkan hadits Nafi’, ia berkata, “Dahulu ketika Ibnu Umar selesai melaksanakan shalat Subuh di Dzul Hulaifah, ia memerintahkan agar rombongan mulai berjalan. Maka rombongan pun berjalan, lalu ia naik ke kendaraan. Ketika rombongan telah sama rata, ia berdiri menghadap Kiblat dan bertalbiyah. Ia mengira dengan pasti bahwa Rasulullah SAW mengerjakan hal ini.” (HR Bukhari)


terimakasih telah membaca sunah-sunah ihram menurut hadist nabi semoga bermampaat
Sumber

Artikel Haji Umrah Populer

Tata cara Haji Umrah, Biro Haji Umrah, Makna Haji Umrah, jemaah Haji Umrah Indonesia, Travel Haji Umrah khusus, travel haji khusus Onh plus dan umrah, ongkos naik haji murah, jadwal paket umrah reguler 2013, naik Haji, Info haji terbaru





Untuk Pembayaran Paket Umroh 2014 dan Haji Plus Kami Harap Calon Jamaah Haji Plus Kami mentransfer ke Rekening Perusahaan a/n Aida Tourindo


Catatan :
Kami Tidak Bertanggung Jawab Atas Transfer Bukan Ke Rekening Kami.
Setelah Melakukan Transfer Harap informasikan ke Kantor Kami


Pembayaran Harga Paket Umroh Murah Promo 2014 2015
Pembayaran Paket Harga Umroh Murah Promo 2014 2015