Mengenai Sunah thawaf dalam ibadah haji dan umroh

Diposting oleh Unknown on Jumat, 04 Januari 2013

Pada kesempatan hari ini haji umroh ways biro travel haji plus akan sharing pengetahuan haji tentang sunah sunah dalam melakukan thawaf. sbelum memasuki penjelasan sunah-sunah thawaf, marikita simak apa sih yang di maksud thawaf itu? Ibadah thawaf dalam pengertian umum adalah mengelilingi Ka’bah sebanyak 7 kali, dimana putaran pertama dengan lari-lari kecil (jika mungkin), dan selanjutnya dengan berjalan biasa, thawaf dimulai dan berakhir di garis sejajar dengan batas Hajar Aswad. Posisi ka’bah ketika Thawaf adalah disebelah kiri tubuh kita.

Thawaf Rasulullah SAW, dari Ibnu Umar RA menceritakan ;
“Dahulu apabila Rasulullah melaksanakan thawaf yang pertama (Qudum, atau selamat datang), beliau berlari-lari kecil pada tiga putaran pertama dan berjalan biasa pada empat putaran selanjutnya”.

 Adapun Sunah-Sunah Thawaf dalam ibadah haji dan umroh adalah


pengetahuan haji tentang thawaf haji dan umroh di tanah suci
1. Al-Idhthiba’
Yaitu memasukkan tengah-tengah kain ihram di bawah ketiak kanan dan menyelempangkan ujungnya di pundak kiri sehingga pundak kanan terbuka, berdasarkan hadits Ya’la bin Umayyah bahwasannya Rasulullah SAW thawaf dengan idhthiba’.  (HR Ibnu Majah, Abu Dawud, At-Tirmidzi, Ibnu Majah). 2. Mengusap Hajar Aswad.
Berdasarkan hadits Ibnu Umar, ia berkata, “Aku melihat Rasulullah SAW ketika tiba di Makkah mengusap Hajar Aswad di awal thawaf, beliau thawaf sambil berlari-lari kecil di tiga putaran pertama dari tujuh putaran thawaf.” (Muttafaq ‘alaih, An-Nasa’i).
3. Mencium Hajar Aswad.
Berdasarkan hadits Zaid bin Aslam dari ayahnya, ia berkata, “Aku melihat Umar bin Khathab RA mencium Hajar Aswad dan berkata, “Seandainya aku tidak melihat Rasulullah SAW menciummu, niscaya aku tidak akan menciummu.” (Muttafaq ‘alaih, Abu Dawud, Ibnu Majah, At-Tirmidzi, An-Nasa’i).
4. Bertakbir setiap melewati Hajar Aswad.
Berdasarkan hadits Ibnu Abbas, ia berkata, “Nabi SAW thawaf mengelilingi Ka’bah di atas untanya, setiap beliau melewati Hajar Aswad beliau memberi isyarat dengan sesuatu yang ada pada beliau kemudian bertakbir.” (HR Bukhari).
5. Berlari-lari kecil pada tiga putaran pertama thawaf yang pertama kali (thawaf qudum).
Berdasarkan hadits Ibnu Umar, “Bahwasanya Rasulullah SAW ketika thawaf mengitari Ka’bah, thawaf yang pertama kali, beliau berlari-lari kecil tiga putaran dan berjalan empat putaran, dimulai dari Hajar Aswad dan berakhir kembali di Hajar Aswad.” (Muttafaq ‘alaih, Ibnu Majah, Abu Dawud, An-Nasa’i).
6.Sunah sunah dalam melakukan thawaf Mengusap rukun Yamani.
Berdasarkan hadits Ibnu Umar, ia berkata, “Aku tidak pernah melihat Rasulullah SAW mengusap Ka’bah kecuali dua rukun Yamani (rukun Yamani dan Hajar Aswad).” (Muttafaq ‘alaih, Abu Dawud, An-Nasa’i).
7. Berdo’a di antara dua rukun (rukun Yamani dan Hajar Aswad) dengan do’a sebagai berikut: رَبَّنَآ آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ.
“Ya Rabb kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka.” (HR Bukhari, Ibnu Majah).
8. Shalat dua rakaat di belakang maqam Ibrahim setelah thawaf.
Berdasarkan hadits Ibnu Umar, ia berkata, “Setelah tiba, Rasulullah SAW thawaf mengelilingi Ka’bah tujuh kali, kemudian beliau shalat dua rakaat di belakang maqam Ibrahim dan sa’i antara Shafa dan Marwah.”
9. Sebelum shalat di belakang Maqam Ibrahim membaca: وَاتَّخِذُوْا مِنْ مَقَامِ إِبْرَاهِيمَ مُصَلًّىٰ.
“Dan jadikanlah sebagian maqam Ibrahim itu tempat shalat.”
Kemudian membaca dalam shalat dua rakaat itu surat Al-Ikhlash dan surat Al-Kaafirun.
10. Berdiri di antara Hajar Aswad dan pintu Ka’bah dengan cara menempelkan dada, wajah dan lengannya pada Ka’bah.
11. Minum air zamzam dan mencuci kepala dengannya.
Berdasarkan hadits Jabir bahwasannya Rasulullah SAW mengerjakan hal tersebut

Demikian sedikit penjelasan haji umroh ways biro travel haji umroh mengenai sunah-sunah thawaf dan semoga bermanfaat ... 

sumber reprensi : http://www.jurnalhaji.com/sunah-sunah-haji/

Artikel Haji Umrah Populer

Tata cara Haji Umrah, Biro Haji Umrah, Makna Haji Umrah, jemaah Haji Umrah Indonesia, Travel Haji Umrah khusus, travel haji khusus Onh plus dan umrah, ongkos naik haji murah, jadwal paket umrah reguler 2013, naik Haji, Info haji terbaru





Untuk Pembayaran Paket Umroh 2014 dan Haji Plus Kami Harap Calon Jamaah Haji Plus Kami mentransfer ke Rekening Perusahaan a/n Aida Tourindo


Catatan :
Kami Tidak Bertanggung Jawab Atas Transfer Bukan Ke Rekening Kami.
Setelah Melakukan Transfer Harap informasikan ke Kantor Kami


Pembayaran Harga Paket Umroh Murah Promo 2014 2015
Pembayaran Paket Harga Umroh Murah Promo 2014 2015